Home
News
Our Brands
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
About
Contact
Social Media
Menu
Home
Our Brand
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
News
About
Contact
Social Media
1
—
3
2
—
3
3
—
3
Sebagai Wujud Kontribusi dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat, MIND ID Dorong 180 UMKM untuk Naik Kelas
CURVA ECOLOGY , Kamis, 05 Desember 2024 15:29
PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID, BUMN Holding industri pertambangan Indonesia, berhasil mengangkat 108 UMKM ke level yang lebih tinggi sepanjang tahun ini. Prestasi ini menjadi bukti nyata kontribusi MIND ID dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) terintegrasi di seluruh anggota holding. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui pelatihan, pendampingan, dan akses pasar yang lebih luas. Salah satu kisah sukses datang dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam), yang membina Kopi Maju Jaya, usaha pengolahan kopi lokal di Bogor, Jawa Barat. Setelah mendapatkan pelatihan produk, digitalisasi pemasaran, dan akses pembiayaan, Kopi Maju Jaya berhasil meningkatkan omzet hingga 70% dan menembus pasar nasional, serta menciptakan lapangan kerja bagi 20 orang. PT Timah Tbk juga mencatatkan pencapaian serupa dengan memberdayakan 20 UMKM, termasuk Kerupuk Ikan Delapan Rasa. Dukungan berupa modernisasi alat produksi dan pelatihan manajemen usaha memungkinkan UMKM ini meningkatkan kapasitas produksi dua kali lipat, dengan omzet tahunan mencapai Rp500 juta dan ekspansi ke kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Sementara itu, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membantu UMKM SIBA Rosella, produsen minuman kesehatan berbasis rosella, untuk tampil di pameran berskala nasional, seperti Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang. Dukungan ini membantu memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk secara signifikan. PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) turut mendukung Li-Uli Craft, UMKM tenun wastra Batak Toba yang dikelola kelompok disabilitas di Desa Meat, Kabupaten Toba. Dengan bantuan Inalum, produk Li-Uli Craft sukses dipamerkan di Jamaika pada Mei 2024, memperkenalkan warisan budaya lokal ke pasar internasional. Heri menegaskan, pemberdayaan UMKM ini tidak hanya meningkatkan pendapatan pelaku usaha, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, memperkuat daya saing produk lokal, dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat. “MIND ID berkomitmen untuk terus mendukung UMKM dalam mengoptimalkan perannya di rantai pasok Grup MIND ID, membantu mereka naik kelas, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah,” ungkap Heri. Ia juga menambahkan bahwa pemberdayaan UMKM adalah langkah penting untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat. “Kami akan terus memperluas program ini agar semakin banyak UMKM yang merasakan dampaknya,” tutup Heri. Sumber: kabarbumn.com