Home
News
Our Brands
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
About
Contact
Social Media
Menu
Home
Our Brand
Curva Agency
Mantaray
Organizinc
News
About
Contact
Social Media
1
—
3
2
—
3
3
—
3
MIND ID Mendukung Penguatan Ekonomi Masyarakat dengan Membina 180 UMKM untuk Meningkatkan Kelas Usahanya.
CURVA ECOLOGY , Jum'at, 06 Desember 2024 15:50
PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID, BUMN Holding industri pertambangan Indonesia, sukses mendorong 108 UMKM naik kelas, memperkuat kontribusinya dalam menggerakkan perekonomian daerah di sepanjang tahun ini. Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang terkoordinasi di seluruh anggota holding MIND ID. Program ini dirancang untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui pelatihan, pendampingan, dan akses ke pasar yang lebih luas. Contohnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berhasil membina Kopi Maju Jaya, sebuah usaha pengolahan kopi lokal di Bogor, Jawa Barat, yang kini mampu menembus pasar nasional dengan omzet yang meningkat hingga 70% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini tercapai berkat pelatihan peningkatan kualitas produk, digitalisasi pemasaran, dan bantuan akses pembiayaan dari Antam. Selain itu, usaha ini juga menciptakan lapangan kerja untuk 20 orang di komunitas setempat. PT Timah Tbk juga berhasil memberdayakan 20 UMKM di wilayah operasionalnya, salah satunya adalah Kerupuk Ikan Delapan Rasa. Dengan dukungan modernisasi alat produksi dan pelatihan manajemen usaha, produk ini kini dapat dipasarkan ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Hasilnya, kapasitas produksi meningkat dua kali lipat dan omzet tahunan mencapai Rp500 juta. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) turut mendukung UMKM SIBA Rosella, produsen minuman kesehatan berbahan dasar rosella. Dengan bantuan PTBA, SIBA Rosella berhasil mengikuti pameran nasional, seperti Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, yang membantu memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan penjualannya. Sementara itu, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) memberdayakan Li-Uli Craft, UMKM tenun wastra Batak Toba yang dikelola oleh kelompok disabilitas di Desa Meat, Kabupaten Toba. Berkat dukungan Inalum, produk Li-Uli Craft dipamerkan di Jamaika pada Mei 2024, yang memperkenalkan produk budaya lokal ke pasar internasional. Heri menekankan bahwa pemberdayaan UMKM ini tidak hanya meningkatkan pendapatan para pelaku usaha, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru, memperkuat daya saing produk lokal, dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. “MIND ID berkomitmen untuk memberdayakan UMKM agar dapat mengoptimalkan perannya dalam rantai pasok Grup MIND ID, naik kelas, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta menciptakan keberlanjutan,” ujar Heri. Lebih lanjut, Heri menambahkan bahwa Grup MIND ID percaya bahwa pemberdayaan UMKM bukan hanya soal mendukung pertumbuhan bisnis, tetapi juga untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat. “Kami akan terus memperluas program binaan agar lebih banyak UMKM yang merasakan dampak positif,” tutup Heri. Sumber: kabarbumn.com